PENGERTIAN BONUS dan REWARD

PERIODE dan PEMBAGIAN BONUS

PERHITUNGAN BONUS NETTO

PROSEDUR KOMPLAIN BONUS

 


PENGERTIAN BONUS DAN REWARD

 

Bonus adalah komisi yang diberikan oleh PT. Ganesha e-Commerce Solution (GeS) kepada member atas jasa member membantu mengembangkan pemasaran produk-produk GeS melalui sistem jaringan (MLM)

Reward adalah hadiah yang disediakan oleh GeS apabila jaringan pemasaran member telah memenuhi syarat kualifikasi tertentu. Reward tidak otomatis diberikan tetapi harus diklaim oleh member.

Proposal Bonus dan Reward yang diberikan sesuai dengan yang tercantum dalam Marketing Plan GeS.


PERIODE dan  PEMBAGIAN BONUS

 

Perhitungan Bonus :

Perhitungan Bonus atas Komisi Pengembangan Jaringan, Re-entry Produk, dan Komisi pembelanjaan (Repeat Order) dihitung periode per minggu. Periode perhitungan mulai dari hari Senin pukul 00.00  hingga Minggu 24.00 waktu server GeS. Setelah selesai periode di hari Minggu jam 24.00,  Bonus di rekalkulasi untuk dimasukkan ke dalam Order List Transfer untuk dibagikan pada hari Rabu berikutnya. Rekalkulasi Bonus sudah bisa dilihat di Statement Bonus di Member Area.

Apabila memenuhi syarat, Bonus yang telah di-rekalkulasi akan ditransfer pada hari Rabu-Kamis melalui transferan 5 Bank : Mandiri, BCA, BRI, BNI (termasuk BNI Syariah), dan Muamalat, jika di luar kelima Bank tersebut Bonus tidak akan ditransfer dan dinyatakan gagal transfer (default).

Tips: Jika Anda ingin Bonus Cash ditransfer seluruhnya menjadi Deposit Pulsa, ketikkan "BONUS JADI PULSA" pada Nomor Rekening Bank.

 

Syarat Pentransferan Bonus :

  1. Untuk Bonus Cash limit transfer harus terkumpul minimal Rp 100.000 - 5.000 = Rp 95.000,-,  Bonus Deposit Pulsa limit harus terkumpul minimal Rp 25.000,- . Jika Bonus mingguan Anda kurang dari itu, maka Bonus tidak akan ditransferkan, tetapi diendapkan hingga di kemudian hari Anda mendapat bonus dan memenuhi limit transfer, Bonus Anda akan ditransferkan.
  2. Untuk Cash, Rekening Bank Anda harus benar dan aktif di salah satu dari 5 Bank yang ditunjuk GeS, di luar itu takkan ditransfer, kecuali jika Anda menulis "BONUS JADI PULSA" di kolom Nomor Rekening, maka semua bonus Cash Anda akan dialihkan ke Deposit Pulsa.

 

PERHITUNGAN BONUS NETTO

Bonus yang ada di Marketing Plan BUKANLAH jumlah Bonus sebenarnya yang akan ditransferkan ke rekening Anda. Karena ada beberapa potongan:

1. Indeks Bagi Hasil , untuk mensubsidi defisit dari Bonus Pasangan Dua Kaki. Karena itu Bonus yang ada di marketing PLan Anda dikalikan dengan nilai indeks ini. Nilai indeks bervariasi antara 0,75 sampai 0,9

2. Pajak. Sesuai dengan ketentuan PPH17, penghasilan setiap anggota member MLM dipotong sebesar 6% dan 5% bagi yang memiliki NPWP dan Kartu keluarga.  Karena itu Bonus Anda yang telah dikalikan indeks dipotong sebesar 6%

3. Accounting Fee Rp5000,- ini adalah jasa software dan perhitungan yang dibebankan kepada member. Maka nilai Bonus Anda dikurangi dengan Rp 5000,- setiap pentransferan.

Jadi secara rinci perhitungan Bonus adalah:

Bonus  Marketing Plan x indeks Bagi Hasil                 = Bonus sebelum pajak.

Bonus Sebelum Pajak - 0,06*Bonus Sebelum Pajak   =  Bonus setelah Pajak

Bonus setelah pajak - Accounting Fee Rp 5000.-         = Bonus Netto Periode Sekarang

BONUS NETTO = Bonus Netto Periode Sekarang + Bonus Netto Mengendap (Kemarin)

 

Setelah dikurangi Rp5000,- dan ditambahkan dengan BONUS mengendap periode kemarin, maka bonus Anda baru menjadi BONUS NETTO, yaitu Bonus Murni Yang Akan Ditransfer ke rek. Anda. BONUS NETTO akan ditransfer jika jumlahnya memenuhi syarat transfer minimal, jika tidak memenuhi, Bonus akan diendapkan  (menjadi Bonus Netto Mengendap) untuk ditambahkan dengan Bonus Netto Periode Berikutnya, sampai minimal transfer terpenuhi.

 

BONUS NETTO untuk CASH : Besarnya 80% dari BONUS NETTO keseluruhan. Minimal transfer Rp 100.000,-

BONUS NETTO untuk DEPOSIT : Besarnya 10% dari BONUS NETTO keseluruhan.Minimal transfer Rp 25.000,-

BONUS NETTO untuk Dana Re-Entry, sisanya atau 10% dri BONUS NETTO. Dana ini mengendap. Jika jumlahnya sudah mencapai Rp 250.000,- Anda mendapat gratis 1 HU lagi yang disebut HU re-entry.


Keterangan:  Untuk member yang baru mendaftar, Bonus Netto dikurang potongan sekali setahun sebesar Rp 30.000,- untuk premi Asuransi Bumida.

Tips: Anda dapat melihat perkembangan terkini Bonus Anda di Login Profile, klik Bonus. Bonus NETTO yang Anda terima adalah Bonus yang tertera dalam kolom Dibayarkan di History Statement Bonus.

 

PROSEDUR KOMPLAIN BONUS 

Bonus Anda terpotong? Belum tertransfer? Sebelum Anda komplain harap perhatikan 5 hal berikut:

  1. Buka Member Area. Bonus Netto yang Anda terima adalah yang sesuai dengan di History Statement Bonus di kolom 'Dibayarkan' .Bonus Netto adalah Bonus bersih yang Anda terima per minggu sesuai Marketing Plan GeS, setelah dipotong indeks, pajak, fee acounting Rp5000, dan ditambah bonus yang mengendap.
  2. Bonus Netto Anda terpotong setahun sekali untuk membayar Premi Asuransi. Jika Anda mendapati Bonus Netto Anda terpotong Rp30.000,-, harap maklum itu adalah untuk membayar premi asuransi. Jangan kuatir, Anda hanya dipotong setahun sekali dan pemotongan berdasarkan nama member (perorangan) bukan HU. Lebih lanjut lihat: Asuransi Member GeS.
  3. Pastikan bahwa nama member hanya dipotong setahun sekali dengan total Rp 30.000,- untuk Premi Asuransi, jika Anda dipotong lebih dari itu, silahkan Anda komplain. 
  4. Perhatikan apakah rekening Bank Anda benar dan aktif. Operator bonus tidak bisa menentukan apakah rekening Bank Anda benar atau salah, aktif atau dibekukan.  Anda harus mengechecknya, mengkonfirmasi ke Bank ybs dan memperbaikinya sendiri di Member Profile GeS sebelum hari Rabu (pentransferan Bonus). Jika Anda mendapat bonus tetapi rekening Bank salah atau tidak aktif , maka transferan akan gagal (default). 
  5. Batas Waktu untuk Komplain Bonus adalah hari Selasa jam 12.00 WIB. Jika memang Bonus Anda belum tertransfer, maka Bonus Anda akan ditransferkan hari Rabu keesokan harinya bersamaan dengan periode selanjutnya. Jika lewat dari Batas Waktu, Komplain Bonus Anda akan diproses untuk Rabu minggu depannya (Anda akan diberitahu kapan Bonus Anda ditransfer).

Jika Bonus Anda belum tertransfer juga karena masalah rekening Bank salah dan lain-lain, silahkan sms ke Nomor Bonus dan Keuangan: 085 621 281 78. Dengan format sbb:

BONUS.(PERIODE di History Statement Bonus Member Area);(Periode-bila ada lagi).(ID GeS).(Password ke Member Area).(Alasan: BONUS BLM TERTRANSFER / BONUS TERPOTONG / ASURANSI SAYA TERPOTONG LEBIH / ..atau alasan lain )

Contoh:

BONUS.2010-10-11 - 2010-10-17; 2010-10-2 - 2010-10-31.GeS1001001.123456.BONUS BLM TERTRANSFER

Setelah sms diterima, Anda akan segera diberikan konfirmasi sms ke nomor hp Bonus / Keagenan, dan kondisi Bonus Anda akan diberitahukan via sms pada jam kerja.

SMS DIKIRIM ke NOMOR BONUS dan KEUANGAN GeS : 085 621 281 78